Keterampilan Dasar Manajemen
Manajemen => planning, organizing, staffing, direting, controlling, budgeting => anggota organisasi =>GOAL
KETERAMPILAN DASAR MANAJEMEN
Jenjang manajemen :
1. Manajemen puncak (jenjang strategic)
– Memastikan jenjang teknis beroperasi dalam batas-batas yang dapat diterima oleh masyarakat
– Menetapkan tujuan jangka panjang dan arah organisasi
– Berhubungan dengan lingkungan organisasi
2. Manajemen menengah (jenjang teknis)
– Koordinasi aktivitas jenjang operasi
– Memutuskan produk atau jasa yang akan dihasilkan
– Menjembatani pertentangan antara pelanggan dan organisasi
– Perencanaan jumlah produksi untuk suatu output
Dimana mengelola fungsi operasi (POA)C) dan sebagai penghubung.
3. Manajemen pertama (jenjang operasi)
– Pelaksanaan atas apa yang organisasi lakukan dan organisasi hasilkan
Contoh : Organisasi PT = mahasiswa diproses, didaftar, dijadwal, diajar dengan tepat
Bank = cek, diproses, transaksi keunagn dicatat dengan epat dan tepat
Sehingga mengembangkan alokasi sumber daya terbaik yang memproduksi output
Keterampilan dasar manajemen :
1. Keterampilan konseptual (jenjang strategic)
Adalah kecakapan untuk melihat gambaran, kompleksitas dari seluruh organisasi dan bagaimana berbagai bagian yang berbeda menjadi cocok.
– Memahami aktivitas organisasi
– Kepentingan organisasi
– Hubungan semua aktivitas organisasi
Yaitu kecakapan untuk melihat keseluruhan organisasi dan memadukan seluruh bagian kepada sistem
2. Keterampilan manusia (jenjang teknis)
Adalah kecakapan untuk bekerja dengan… berkomunikasi dengan… dan memahami orang lain
– Memberikan umpan balik pada bawahan
– Memecahkan masalah antar pribadi
– Masalah kinerja
– Memotivasi bawahan
– Pengelolaan SDM
Yaitu kecakapan untuk bekerja dengan, berkomunikasi dengan, dan memahami orang lain
3. Keterampilan teknis (jenjang operasional)
Adalah keterampilan menggunakan pengetahuan, teknik-teknik, sumber daya dalam melaksanakan pekerjaan
Pekerjaan manajemen :
-> Mengelola pekerjaan organisasi
-> Mengelola produksi dan operasi
-> Mengelola orang
Yaitu kecakapan tertentu yang dibbutuhkan untuk kinerja manajerial yang efektif di setiap jenjang manajer dalam sistem hierarki.
Posted on Desember 16, 2008, in OMPE. Bookmark the permalink. 1 Komentar.
terimakasih ya kak .. tulisan kaka bnyak membantu saya .. 🙂