Komunikasi Kesehatan dalam Pemasaran Sosial

Pemasaran sosial menurut Alo Liliweri (2007) adalah suatu rancangan atau proses implementasi yang bertujuan untuk memperkenalkan atau mempromosikan suatu gagasan sosial atau suatu kasus/fenomena kepada masyarakat.

Pemasaran sosial = promosi

Perlu gagasan dimana inti gagasan itu adalah informasi, komunikasi, dan inovasi

Contoh aplikatif komunikasi kesehatan dalam pemasaran sosial : kampanye media
Kampanye media dapat dengan menggunakan pesan-pesan kesehatan yang dikemas dalam suatu paket informasi yang disampaikan kepada masyarakat berdasarkan tingkat/target dari sasaran komunikasi (individu, kelompok, keluarga, atau masyarakat).

Difusi inovasi adalah transformasi suatu bentuk yang baru yang disampaikan kepada masyarakat, yang terdiri dari gagasan, pendekatan, dan strategi baru.

[Kata Pak Dosen : Devisa Negara dari rokok tidak bisa menangani akibat rokok]

Inovasi itu menghasilkan perubahan (Schinke & Orlandi -1991) :
•    Mobilisasi : pertumbuhan masyarakat ; mobilenya masyarakat dalam suatu ruang lingkup
•    Adopsi : masyarakat cepat menerima adopsi dari suatu inovasi
•    Implementasi : setelah diimplementasi (ada hasilnya) baru bisa diterima
•    Evolusi : evolusi menghasilkan perubahan, baru bisa dilaksanakan
•    Pemeliharaan : bagaimana masalah sosial bisa dipelihara, dilakukan secara berevolusi dan dievaluasi dalam suatu sistem masyarakat

[Ok! Pak dosen bicara tentang dosen yang nggak mau pakai handphone tapi internetnya 24 jam.Cerita selanjutnya : tentang dosen yang pakai hotspot di rumahnya sehingga segala komunikasi di dalam rumah menggunakan hotspot tersebut.]

Strategi komunikasi kesehatan dalam pemasaran sosial :
–    Melalui proses difusi inovasi
–    Melalui proses Social Learning Theory : merupakan penerapan yang paling jitu
–    Melalui Model Strategi pemasaran sosial
–    Pendukung “Hiburan dan media”  : hiburan dibutuhkan untuk memuluskan komunikasi dalam pemasaran sosial
Proses pemasaran sosial
–    Product
Bukan jasa komersil. Ex : sex aman, menurunkan angka cacingan
–    Price
Bukan harga barang, tapi keuntungan bagi masyarakat
–    Place
Merupakan lingkungan kampanye
–    Promotion
Adalah proses mempromosikan

About Nilna R.Isna

Aku menjadi aku sebagaimana aku adalah aku.

Posted on November 5, 2008, in Komunikasi Kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: