Lingkungan Organisasi

Lingkungan organisasi adalah segala sesuatu yang dapat mempengaruhi kelangsungan, eksistensi, keberadaan, dll yang menyangkut organisasi baik da dari dalam maupun dari luar.
Ada 2 macam lingkungan dalam organisasi :
1.    Lingkungan internal
2.    Lingkungan eksternal
Ad. 1 Lingkungan internal
Antara lain :
-    Human resources (SDM) = skill
Kemajuan organisasi ditentukan oleh SDM.
Dimana ancaman atau pengaruh eksternal akan mempengaruhi kemajuan dan kehancuran organisasi, tergantung SDM di dalam organisasi itu.
-    Financial (uang)
Yaitu sumber pembiayaan dari organisasi
Ex: PSIKM  dari pemerintah dan uang kuliah
-    Management (manajemen)
Yaitu pengaturan dari organisasi tersebut
Ex : struktur kepengurusan, job description, pembagian tugas, visi-misi, perencanaan
-    Market (pasar)
Yaitu peluang dimana tenaga bisa dipakai
Ex : PSIKM di NGO bidang kesehatan, perusahaan-perusahaan industry
-    Infrastruktur
Ex : bangunan-bangunan, masjid, fasilitas perkuliahan, asrama
-    Information system (sistem informasi)
Yaitu informasi yang tersedia
-    Research and development (Litbang)
Penting disebabkan karena litbang bisa menggali informasi-informasi terbaru dalam rangka pengembangan dan perubahan organisasi
-    Manufacturing
Yaitu bagaimana proses pembuatan produk bisa dilaksanakan
Lingkungan internal bisa dinilai untuk kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) organisasi.

Ad. 2 Lingkungan eksternal
Lingkungan eksternal pada dasarnya ada 2 :
-    Lingkungan makro (atau jauh) : berasal dari luar dan sifatnya tidak langsung
-    Lingkungan mikro (atau dekat) : berasal dari luar yang sifatnya langsung
Lingkungan mikro itu terdiri dari :
1.    Suplier (pemasok/penyedia berbagai kebutuhan)
Ex : PDAM, PLN, telepon
2.    Costumer (pemakai/pengguna)
Yaitu semua orang yang menggunakan produk dalam organisasi.
Costumer ada yang bersifat internal, ada yang bersifat eksternal.
Ex : mahasiswa PSIKM sebelum ujian masuk (eksternal), mahasiswa setelah menjadi mahasiswa resmi PSIKM (internal)
3.    Competitor (pesaing)
Competitor ada karena banyak pilihan.
Akibatnya, setiap organisasi memberikan pelayanan prima kepada pelanggannya.
4.    Substitute  (pengganti)

About these ads

About Nilna R.Isna

Aku menjadi aku sebagaimana aku adalah aku.

Posted on Desember 16, 2008, in OMPE. Bookmark the permalink. 15 Komentar.

  1. Thanks informasinya… :)

  2. tr ksh, mbantu saya sekali

  3. Lgkp skli k’..,
    trims..

  4. wah , tugasku ini ..
    like this !!
    makasih ka`..

  5. Terima kasih atas materi kuliahnya. semoga tetap suskses selalu

  6. makasih postingannya, sip!

  7. sangat membantu
    trims :)

  8. makasih..mmbantu bgt..

  9. untuk lingkungan makro…. tolong untuk di jelaskan lebih jelas lagi tentang, lingkungan sosial dan budaya, lingkungan teknologi, dll….!!!

  10. makacieeeee :)
    aQu suka,,,,,,

  11. makasihh

  12. makasih ya atas postingnya,,,
    mudah2an bsok bisa lebih banyak posting lgi yg brguna buat kami

  13. ASS,,,SELAMAT ATAS POSTINGX SANGAT MEMBANTU,,SEMOGA TAMBAH BAIK.AMINNNNNNNNNN

  14. Thx Ya …
    atas Informasinya..

  15. makasih y kakak :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: