Daily Archives: September 2, 2008

Bibliografi (EndNote)

020908—Pengenalan Komputer

Kata Pak Dosen, ada beberapa poin penting untuk mata kuliah ini, yaetoh :

· Office (word, exel, powerpoint)

· Internet Browsing

· Search Engine

· Proquest, e-learning, student go blog

· Bibliografi (EndNote)

Alhamdulillah, sebagian besar materi untuk mata kuliah ini, sudah saya kenali. Cuma, saya baru kenal sama bibliografi. [Salam kenal, bibliografi]. Setelah lama menunggu, [soalnya Pak Dosen menjelaskan item di atas satu per satu], akhirnya saya diperkenalkan juga dengan bibliografi ini.

Pak Dosen : Bibliografi atau endnote adalah panduan untuk membuat daftar kepustakaan.

Saya : Oo….

Hati-hati dengan Nama !

020908-Bahasa Inggris
[catatan: belajar mata kuliah Bahasa Inggris ini, komunikasi dilaksanakan dengan Bahasa Inggris juga. Tapi, berhubung saya, tidak terlalu aktif Bahasa Inggris, makanya saya tulis pake Bahasa Indonesia aja. Insya Allah, ke depannya saya pake bahasa Inggris juga untuk mata kuliah ini. Tssaah!!]
Pak Dosen bilang (pake bahasa inggris), “Hati-hati dengan nama kamu!”. Soalnya, kata Pak Dosen, nama Indonesia sering bermasalah pas bikin visa. Misalnya Afrisal. Nama ini cuma punya satu kata. Pertanyaannya, mana nama belakangnya? Bisa-bisa namanya jadi gini : -,Afrisal. Kata Pak Dosen juga, nggak berlaku dong visanya. Lalu, nama seperti Rizki Ari Andi yang ada nuansa-nuansa islamnya. Nama ini bisa dianggap teroris. Cerita, pernah ada temannya yang mau ke negara di Eropa gitu, eh nggak dibolehin masuk ke sono. Soalnya, namanya mirip ama nama teroris. Padahal teman Bapak tu orang Indonesia, ke Eropa buat belajar, malah dibilang teroris. Kan kasian!
Lalu, Pak Dosen cerita tentang TOEFL. Kata Pak Dosen, toefl 300 sama aja dengan ngasih kertas kosong. Because [wackacka…, baru sekarang keluar Bahasa Inggrisnya], angka minimal untuk test toefl emang 300, maksimalnya 750.
Lanjut, Pak Dosen ngasih tugas per kelompok. Satu kelompok ada 4 orang. Tugasnya ituh, ke puskesmas terdekat atau puskesmas yang disukai. Di sana, lakukan survey kecil-kecilan untuk membuat profil puskesmas ituh. Dikumpulnya setelah UTS atau sebelum UAS (?). Untuk sebelum UTS, dipertegas pemahaman tentang reading, speaking, and writing.

13 Pesan Dasar Gizi Seimbang

020908— Dasar-dasar Gizi
Pertemuan pertama mata kuliah Dasar-dasar Gizi. Dosennya Ibu Azrimaidaliza, SKM MKM, biasa dipanggil Bu Minda, dan Ibu Deni Elnovriza STP M.Si, biasa dipanggil Bu Deni. Dua-duanya masih muda. Saya suka dengan dosen muda. [Dan hampir seluruh dosen di Kesehatan Masyarakat UNAND masih muda, cerdas, sudah S2, dan sedang dalam proses menuju S3]
[Berhubung saya belum punya slide mata kuliah, jadi catatan kuliahnya saya terawang-terawang saja ya….]
1.    Bahwa yang termasuk kelompok rentan gizi itu adalah anak-anak, ibu hamil dan menyusui, serta orang tua.
2.    Bahwa zat besi (Fe) paling banyak terdapat dalam protein hewani. Fe ini gunanya untuk menyembuhkan anemia karena ia bisa menambah darah.
3.    Bahwa pola makan sehat bukan “4 sehat 5 sempurna” lagi tapi sudah “13 Pesan Dasar Gizi Seimbang”
Yup, 3 poin di atas lah yang benar-benar tertulis dalam catatan saya.
Selanjutnya, saya cari literature tentang “13 Pesan Dasar Gizi Seimbang”. Soalnya , ini yang paling menarik perhatian saya.
Search by google (guru maha guru,—haalah!!!)
Result : Read the rest of this entry